Submissions Guidelines

The Dionysian is constantly looking for new and upcoming playwrights while also presenting established playwrights. Any content is fair-game, as we would like to present a range of styles and themes, whether it be two lines of dialogue or a stream of consciousness monologue. We want to showcase your work.

Read more

Playwright

We can only accept plays we haven't been sent before. While we appreciate enthusiasm, please don't send us the same play twice.

Learn more

Ulasan Materi Conditonal Sentences Jelas dan Lengkap

Conditonal Sentences Jelas dan Lengkap

Conditional sentences itu apa? Untuk belajar conditional sentences, kamu bisa simak beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia berikut ini:

“Mungkin kalau aku bilang semuanya ke kamu dulu, kita masih bisa berteman.”  (Kalimat seperti ini terdengar seperti penyesalan, karena si pembicara faktanya tidak pernah menceritakan apa yang ingin ia ungkapkan sehingga pertemanan mereka harus berakhir)

“Andai aku belajar dengan sungguh-sungguh, pasti aku bisa dapetin beasiswa itu.”

Nah, seperti itulahpenggunaan conditional sentences, yaitu merupakan kalimat pengandaian.

Aturan Dalam Penggunaan Conditional Sentences

Walaupun conditional sentences dibagi dalam tiga tipe, penggunaan kalimat ini selalu terdiri dari “IF CLAUSE” dan “RESULT CLAUSE”. Berikut penjelasan dari masing-masing tipe:

1. Jika yang terjadi adalah benar saat ini ( simple present) atau di masa depan (future)

Contoh conditional sentences dalam bentuk present:

If I have enough time, I write a letter for you every week

(Kalau aku punya waktu, aku menulis sebuah surat buat kamu setiap minggu)

If I don’t have enough time to sleep, I always lose my focus

(Kalau aku kurang tidur, aku selalu nggak bisa fokus)

Contoh conditional sentences dalam bentuk masa depan, yaitu ditandai dengan kata “Will”:

If I have enough money, I will send some to my parents every week

(Jika aku punya uang yang cukup, aku akan mengirim beberapa untuk orang tuaku setiap minggu)

If I have enough time tomorrow, I will come to your house

(Kalau besok aku punya waktu cukup, aku bakal mampir ke rumahmu)

Jadi, untuk menggunaan conditional sentences yang benar-benar terjadi pada present atau future, maka dibutuhkan If clause dalam bentuk simple present dan Result clause dalam bentuk simple present atau simple future.

2. Jika yang terjadi adalah tidak benar sekarang ini atau di masa depan

Simak contoh berikut:

If I had enough time now, I would sleep at your home

(Kalau saja aku punya waktu luang sekarang, pasti aku bakalan tidur di rumahmu) Fakta yang terjadi adalah, sekarang ini aku tidak punya waktu luang, sehingga mustahil untuk bisa tidur di rumahmu.

If you were here right now, we would watch the movie together

(Kalau saja kamu ada disini sekarang, pasti kita bakalan nonton film bareng) Faktanya adalah kamu tidak ada disini sekarang, jadi aku nonton film tersebut sendirian.

If I were you, I would not invite them to the party

(Kalau aku jadi kamu, aku nggak bakalan mengundang mereka ke pesta) Faktanya, kamu malah mengundang mereka datang ke pesta yang kamu selenggarakan.

Jadi, untuk menggunakan conditional sentences yang tidak terjadi saat ini atau di masa depan, maka dibutuhkan If clause dalam bentuk simple pastdan Result clause dalam bentuk would + simple form.

3. Jika tidak pernah terjadi di masa lalu

Simak contoh berikut:

If I had prepared, I would have passed the interview

(Kalau aja aku persiapkan, aku pasti sudah lulus wawancara) Faktanya, aku tidak ada persiapan. Makanyajadi gagal tes wawancara waktu itu.

If I had not hike the cliff, I would not have broken my legs

(Kalau saja aku tidak mendaki tebing itu, pasti kakiku tidak patah) Faktanya, aku mendaki tebing tersebut dan terjadilah insiden patah kaki karena terjatuh atau lainnya waktu itu.

Jadi, untuk menggunakan conditional sentences yang menjelaskan kondisi yang tidak pernah terjadi di masa lalu, maka dibutuhkan If clause dalam bentuk past perfect dan Result clause dalam bentuk would have + past participle.

Nah, sekarang kamu jadi mengerti lebih mudah bagaimana menggunakan conditional sentences, bukan? Semoga membantu! Baca artikel selanjutnya di kampung inggris.

Ulasan Lengkap Tentang Passive Voice Beserta Contoh

passive voice

Passive voice adalah salah satu materi Bahasa Inggris yang sulit dipahami bagi beberapa pelajar. Sama seperti kalimat pasif dalam Bahasa Indonesia, passive voice digunakan ketika kita ingin menekankan verb atau kata kerja dan juga objek dalam sebuah kalimat, bukan subjeknya. Maksudnya, penggunaan passive voice seringkali digunakan dalam kalimat ketika posisi subjek bukan prioritas, ketika subjek sendiri juga tidak diketahui.

Contoh:

My car was stolen (Mobilku dicuri!)

Objek dalam kalimat tersebut adalah “My car”, yang kemudian menjadi subjek, sedangkan action atau verb adalah “was stolen”.

Forty people were killed in the bomb tragedy  (Empat puluh orang tewas dalam tragedi bom)

Dalam contoh tersebut, kalimat aktifnya bisa seperti “Someone killed forty people in the bomb tragedy”, namun karena tidak ketahui siapa subjeknya, sehingga bisa menggunakan kalimat pasif atau passive voice.

https://www.youtube.com/watch?v=nkAyggAM1q4

Penggunaan The Passive Agent

Semua yang berkaitan dengan passive voice bukan berarti tidak memiliki subjek atau tidak diketahui subjeknya. Jika subjek ternyata ada dan kita tahu siapa subjeknya, maka kita bisa meletakkan subjek tersebut di akhir kalimat dengan menambahkan by. Nah, inilah yang disebut dengan agen.

Misalnya:

The theory of relativity was revealed by Albert Einstein (Teori relativitas dikemukakan oleh Albert Einstein)

Dalam contoh tersebut, maka agent yang dibicarakan adalah Albert Einstein.

Mengapa beberapa pihak terkesan untuk menghindari penggunaan passive voice? Faktanya, beberapa editor menyarankan lebih baik menggunakan active voice. Hal ini dikarenakan menggunakan active voice ternyata membuat tulisan jadi lebih jelas dan tidak terkesan sulit dimengerti.

Coba bandingkan tulisan antara passive voice dan active voice dalam kalimat berikut:

Active: While Mr. Park was busy in his office, his secretary called him and told him about his business schedule. (Ketika Tuan Park sedang sibuk di kantornya, sekretarisnya menelpon dan memberitahunya tentang jadwal bisnisnya.)

Passive: While Mr. Park was sleeping in his office, he was called and told about his business schedule by his secretary.

Lihat? Tentu jauh lebih mudah memahami struktur kata atau kalimat dalam bentuk active voice daripada dalam bentuk passive voice bukan? Nah, jika ingin menggunakan kalimat yang panjang dan kita tahu siapa subjeknya, maka lebih baik menggunakan active voice.

Penggunaan active voice juga sering digunakan untuk melaporkan sesuatu atau menyatakan sebuah fakta, berikut contohnya:

The campground A was closed this morning due to the bad weather (Area perkemahan A ditutup pagi ini karena cuaca yang buruk)

Many fossils of dinosaurs is found in Town B (Banyak fosil dinosaurus ditemukan di kota B)

Cara Membuat Passive Voice

Perlu diingat bahwa passive voice bukanlah sebuah tense dalam Bahasa Ingris. Tentu setiap tense punya masing-masing passive voicenya sendiri karena dibuat dari Auxiliary verb, yaitu to be + V3, berikut penjelasannya.

Tense Auxiliary Verb Contoh Arti
Present simple Am, is, are + V3 This laptop is made in China Laptop ini dibuat di China
Present progressive Am, is , are  + being + V3 I am being hired in this company Aku sedang dipekerjakan di pabrik ini.
Past simple Was, were + V3 You were invited in her wedding party. Kamu diundang di pesta pernikahannya.
Past Progressive Was, were, being + V3 Your car was being stolen while you were in your office Mobilmu dicuri ketika kamu sedang berada di kantor.
Future Will be + V3 Or Am, is, are + Going to be + V3 The file will be submitted tomorrow. A real castle is going to be built few days ahead for this movie Filenya bakal dikumpulkan besok. Sebuah kastil beneran bakalan akan dibangun beberapa hari lagi untuk pembuatan film ini.
Present perfect Has, have + been + V3 His painting has been sold for $300,000 Lukisannya sudah terjual seharga $300,000
Past Perfect Had + been + V3 All actresses had been auditioned before the movie produced. Semua aktris telah diaudisi sebelum film diproduksi.
Future perfect Will + have been + V3 The document will have been checked by the time the CEO comes here. Dokumennya akan diperiksa ketika CEO datang kesini.